SMA Muhammadiyah Puraseda

Jalan Raya Puraseda KM 11 Desa Puraseda Kec. Leuwiliang Kab. Bogor 16640

"Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri " (I Dream)

PENILAIAN PRESTASI KINERJA KEPALA SEKOLAH (PPKKS)

Rabu, 25 November 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1591 Kali

PENILAIAN PRESTASI KINERJA KEPALA SEKOLAH

(Persiapan, Pelaksanaan, Hasil dan Hikmahnya)

Oleh Holidin, S.Pd.*)

 

Apa Itu PPKKS?

Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) bukan hal baru dalam dunia pendidikan. Ini merupakan bagian dari proses penilaian / assesment terhadap pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawab seorang kepala sekolah. Tentu hasil yang diharapkan harus sesuai dan tepat sasaran, terhindar dari kesan formalitas, dan tidak berdampak apa-apa terhadap mutu pendidikan.

Di dalam Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah, dinyatakan bahwa penilaian kinerja merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian kompensasi, dan motivasi.

 

ASPEK PENILAIAN PPKKS

Dalam pelaksanaaan PPKKS Terdapat 6 (enam) aspek yang menjadi komponen kompetensi penilaian yaitu:

  1. Kompetensi kepribadian dan sosial, yang menyangkut komitmen kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.
  2. Komepetensi Kepemimpinan Pembelajaran, yang menyangkut komitmen kepala sekolah terhadap pelaksanaan visi, misi, tujuan dan pengembangan budaya sekolah yang kondusif, kreatif dan inovatif bagi pembelajaran.
  3. Kompetensi Pengembangan sekolah, menyangkut aspek perencanaan, pengembangan, perwujudan sekolah sesuai visi, misi dan tujuan sekolah dan pelaksanan evaluasi dan monitoring (monev) program.
  4. Kompetensi Manajemen Sumber Daya, mencakup aspek pengelolaan dan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal. Pengelolaan keuangan, lingkungan dan ketatausahaan serta sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi secara efektif.
  5. Kompetensi Kewirausahaan, mencakup aspek inovasi yang bermanfaat, motivasi pendidik dan tenaga kependidikan dan warga sekolah, serta jiwa pantang menyerah dan aplikasi kewirausahaan di sekolah.
  6. Komepetensi supervisi pembelajaran, mencakup hal penyusunan program supervisi, pelaksanaan program, penilaian dan evaluasi serta tindak-lanjut dari pelaksanaan supervisi pembelajaran.

PPKKS pun mengevaluasi hasil kerja yang dicapai, hal ini difokuskan kepada perubahan kinerja sekolah yang menyangkut kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang baik dan benar bisa dijadikan sebagai acuan bagi pengambil kebijakan atau pemangku kepentingan untuk menetapkan pengembangan karir, periodisasi dan pengembangan keprofesian berkelanjutan seorang kepala sekolah. PPKKS merupakan penilaian tahunan yang dilaksanakan dalam periode satu tahun sekali.

 

PELAKSANAAN PPKKS

Pada tatanan ideaL PPKKS, pelaksanaan Penilaian pertama dilaksanakan setelah kepala sekolah bertugas selama satu tahun terhitung dari bulan pertama ditempatkan sampai bertemu bulan yang sama pada tahun-tahun berikutnya. PPKKS dilaksanakan oleh pengawas pembina dengan menggali data dan informasi dari pihak-pihak tertentu yang mengetahui betul perilaku sehari-hari dan kinerja kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Responden atau sumber data dalam pelaksanaan PPKKS Seperti: guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, peserta didik, otang tua dan pengawas sekolah sebagai atasannya.

 

HIKMAH PELAKSANAAN PPKKS

Ada hikmah dilaksanakannya PPKKS  bagi insan pendidikan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh semua pihak, terutama pihak penentu kebijakan agar hasil PPKKS menjadi acuan pengambilan kebijakan yang lebih bijak.

Pertama, Pihak-pihak terkait sama-sama belajar dan belajar bersama-sama untuk mempelajari dan memahami pedoman dan instrumen yang akan digunakan dalam PPKKS.

Kedua, Pihak penentu kebijakan berusaha untuk melaksanakan PPKKS sesuai dengan pedoman yang sudah dibakukan. Peran tim penilai yang betul-betul kompeten dan dapat menilai kinerja kepala sekolah secara objektif.

Ketiga, Pihak-pihak penentu kebijakan harus memiliki data hasil PPKKS yang akurat. Jika diperlukan lakukan cross check ke lapangan baik langsung maupun tidak langsung. Sebagai validasi data dan informasi yang diperoleh, untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

Keempat, Pihak penentu kebijakan hendaknya betul-betul dapat menggunakan hasil PPKKS untuk pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian kompensasi, dan motivasi, termasuk keputusan rotasi dan promosi kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu.

 

PENUTUP

PPKKS - PENILAIAN PRESTASI KINERJA KEPALA SEKOLAH baik Persiapan, Pelaksanaan, Hasil dan Hikmahnya, merupakan sebuah proses untuk kebaikan insan pendidik, lembaga pendidikan dan pengambil kebijakan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Hikmah lain dengan pelaksanaan PPKKS adalah perubahan. Jika ingin adanya perubahan dalam dunia pendidikan, sebagai kunci kemajuan suatu bangsa, maka semuanya harus berani keluar dari zona nyaman dan zona biasa.

Karena nyaman belum tentu baik, sedangkan yang baik akan mendatangkan kenyamanan. Ketika PPKKS dilaksanakan dengan baik semoga memberikan kenyamanan dan keberkahan bagi pribadi kepala sekolah dan dunia pendidikan.

 

  

  

 

SMAPUR / SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA LAKSANAKAN PPKKS 2020

Sebagai sebuah lembaga pendidikan SMA Muhammadiyah Puraseda yang beralamat di Jl. Raya Puraseda Km. 11 Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kab. Bogor. tengah melaksanakan PPKKS. PPKKS SMAPUR dilaksanakan pada tanggal 24 November 2020, dengan didampingi oleh stakeholder sekolah pelaksanaan PPKKS berjalan dengan lancar. Tim assessor / penilai yang hadir sebanyak dua orang pengawas pembina yaitu H. Agus Saripudin, M.M dan Drs. H. Soleh Suhendar,. M.Pd.

Kepala sekolah menyampaikan respon yang baik dengan adanya kegiatan PPKKS di SMAPUR. Pelibatan Wakil kepala sekolah, Komite, Dewan guru, tenaga kependidikan, wali kelas, peserta didik, dan perwakilan orang tua menjadi salah satu faktor kesuskesan PPKKS.

Penilain dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Penilaian berdasarkan imstrumen dan penyesuaian dengan bukti fisik sesuai komponen komoetensi. Evaluasi diri diisesuaikan dengan hasil tangkapan dipelaksanaan.

Terima kasih kami ucapkan kepada para penilai / asesor dan para wakil kepala sekolah, dewan guru, serta seluruh pihak yang membantu sehingga PPKKS SMAPUR 2020 berjalan lancar dan mudah mudahan hasil sesuai dengan harapan, pungkas kepala sekolah dalam penutupan.

 

*) Penulis : Kepala SMA Muhammadiyah Puraseda

KOMENTAR

Fajar Riyadi Ilmi - Kamis,

Selamat dan sukses untuk SMA Muhammadiyah Puraseda telah menyelesaikan PKKS nya dengan baik dan lancar. Ucapan terima kasih juga untuk kepala sekolahnya Bapak Oleh Holidin yang telah berbagi pengalamannya, semoga berkah:)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Oleh Holidin, S.Pd.

Assalamu'alaikum.Wr.Wb. Bissmillaahirrohmaanirrohiim. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan karunia-Nya serta segala kebaikan yang telah diberikan…

Selengkapnya

TAUTAN