SMA Muhammadiyah Puraseda

Jalan Raya Puraseda KM 11 Desa Puraseda Kec. Leuwiliang Kab. Bogor 16640

"Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri " (I Dream)

PANDU HW BERASAS ISLAM BERSUMBER PADA AL-QURAN DAN AS-SUNAH

Rabu, 04 November 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1195 Kali

Hizbul wathan ialah salah satu kepanduan milik Muhammadiyah dan salah satu kepanduan tertua, Hizbul Wathan juga mempunyai arti yaitu cinta tanah air, pembela tanah air seperti Pasukan Pembela Tanah Air (PETA), kenapa begitu? Karena anggota Hizbul Wathan pernah  terjun dalam  bela Negara melalui Pasukan PETA yaitu salah satunya Jendral Sudirman yang aktif di Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. kepanduan Hizbul Wathan (HW) ini juga ialah kepanduan yang bersifat islami yang perilaku kehidupanya sesuai dengan syariat islam. Kepanduan HW ini didirikan oleh KH Ahmad Dahlan Di Yogyakarta pada tahun 1918 dengan maksud yaitu “menyiapkan dan membina anak remaja dan pemuda yang memiliki akidah, mental, dan fisik berilmu dan berteknologi serta berakhlakul karimah serta memiliki tujuan “untuk terwujudnya pribadi muslim yang sebenar benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan”

Hizbul wathan yang memiliki asas Islam yang bersumber pada Al-Quran dan As-Sunah ini tercermin dalam kurikulum Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dari tiap tingkatan, pada aspek filosofis atribut HW dan aktifitas kepanduan yang diatur secara Islam. Penulis mencoba menguraikan  sedikit Al-Quran dan As-Sunah yang tercermin dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. 

1. Kurikulum Gerakan Kepanduan Hizbul  Wathan  di Berbagai Tingkatan 

Dalam kurikulum Hizbul Wathan tak terlepas dari materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang di sesuaikan dengan tingkatan. Semakin tinggi tingkatan maka yang dipelajari Al-Islam dan Kemuhammadiyahan nya semakin mendalam itu artinya jika kita mengikuti HW dari tingkat Athfal sampai Penuntun dengan baik dan benar maka insyaallah kepribadian kita akan mencerminkan kepribadian Islam yang bersumber pada Al-Quran dan As-Sunah. 

2. Filosofis Atribut HW 

Dalam bendera HW strip kuning ada lima mencerminkan Rukun Islam dan strip hijau ada 6 mencerminkan Rukun Iman.

Ada simbol HW matahari dan ditengah tengahnya ada tulisan HW dalam bentuk  unik artinya Hizbul Wathan harus mencerahkan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Celana HW menggambarkan air dan baju melambangkan tanah dan hansduk atau kacu memiliki warna dasar hijau melambangkan tumbuhan itu artinya Hizbul Wathan harus mencintai tanah airnya agar senantiasa hijau lingkungan nya dan hijau masyarakatnya (masyarakat baldatun thoibatun warabun ghofur). 

Sabuk Hizbul Wathan yang dapat di sambungkan dengan sabuk HW lainya mengartikan kepandaun Hizbul Wathan harus menyambungkan tali silaturahim dengan kuat. 

3. Aktifitas Kepanduan  Hizbul Wathan

Dalam setiap aktifitas Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan semuanya diatur secara Islam mulai dari makan, minum, berpakaian, bertamu,  tidur, kegiatan perkemahan, dan kegiatan lainya semuanya diatur secara islam. 

 

Oleh: Rizki Fauzan, S.Pd.*

*ditulis sebagai bahan refleksi Dari kader HW Qobilah Jenderal Sudirman - SMA Muhammadiyah Puraseda pada Kegiatan Jaya Melati / Jati di Karawang 11-15 November 2020

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Oleh Holidin, S.Pd.

Assalamu'alaikum.Wr.Wb. Bissmillaahirrohmaanirrohiim. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan karunia-Nya serta segala kebaikan yang telah diberikan…

Selengkapnya

TAUTAN