SMA Muhammadiyah Puraseda

Jalan Raya Puraseda KM 11 Desa Puraseda Kec. Leuwiliang Kab. Bogor 16640

"Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri " (I Dream)

Sejarah SMAPUR

Kamis, 14 Pebruari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 940 Kali

Sekitar 6 tokoh Islam dan pemuka masyarakat di pimpinan Cabang Muhammadiyah Puraseda pada tahun 2003 bermusyawarah dan bersepakat untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang akan memberikan manfaat kepada umat Islam. Lembaga tersebut awalnya diberi nama SMA Muhammadiyah. Adapun kata Puraseda adalah nama yang ditambahkan didasarkan pada lokasi keberadaan sekolah yang ada di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Puraseda, sehingga menjadi bernama SMA Muhammadiyah Puraseda.

Saat awal pendirian SMA Muhammadiyah Puraseda secara persyarikatan berada dibawah Naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah Puraseda, sedangkan secara Kedinasan berada pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Pencetus ide pendirian SMA Muhammadiyah Puraseda adalah tokoh-tokoh Cabang Muhammadiyah yang saat itu berperan sebagai Pimpinan, Ide tersebut berkembang dan didukung oleh Pimpinan dan anggot Cabang Muhammadiyah Puraseda yang lainnya.

Berikut ini adalah daftar nama dari para Pimpinan PCM Puraseda sebagai pendiri SMA Muhammadiyah Puraseda selengkapnya :
1. Supadmi, S.Ag.
2. Dra. Budiman Firdaus, M.Pd.
3. Drs. H. Sudirman, M.Pd.
4. Zaini Haruman, M.M
5. Nizar Maulana, M.Pd.
6. Tb. Husni Labib
7. Tokoh masyarakat, tokoh Aisyiyah serta AMM
dan banyak pihak yang terlibat dan berperan dalam proses pendirian AUM SMA Muhammadiyah Puraseda yang tidak tersebut satu persatu.

Semula SMA Muhammadiyah Puraseda menempati gedung SMP Muhammadiyah Puraseda. Kemudian pada tahun 2003 SMA Muhammadiyah Puraseda memperoleh sebidang tanah yang terletak di Kp. Gudang Puraseda yang pada saat itu dan sampai sekarang merupakan lokasi keberadaan SMA Muhammadiyah Puraseda di Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Di atas tanah lahan 1.502 m2 itulah SMA Muhammadiyah Puraseda mulai berdiri pada tahun 2003 dengan memperoleh ijin dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor dengan surat Izin resmi No.018/KEP/III.4/D/2003. Dari semenjak dirintis dan didirikan SMA Muhammadiyah Puraseda pada tahun 2003 telah melaksanakan penerimaan siswa dan aktif melaksanakan proses belajar mengajar. Seiring waktu dan perjalannya Pada tahun 2008, SMA Muhammadiyah Puraseda mendapat status Izin Operasional dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Nomor : 421.3/46 Dikmen, tanggal 07 April 2008. sebagai sekolah terdaftar.

Pada Tahun yang sama 2008 SMA Muhammadiyah Puraseda melaksanakan Akreditasi pertama kali tepatnya pada tanggal 13 Oktober tahun 2008 sehingga memeproleh status Terakreditasi "B". Kemudian, 5 tahun berikutnya pada Desember 2013 melaksanakan Akreditasi kedua dan berhasil terakreditasi dengan predikat Baik (B). Kemudian pada bulan September 2019 diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah tanggal 09 November 2019 dan mendapat Akreditasi A dengan nilai 91 dengan nomor : 763/BAN-SM/SK/2019 tertanggal 9 September 2019.

Dari sejak berdiri sampai sekarang pimpinan/kepala sekolah yang pernah bertugas di SMA Muhammadiyah puraseda adalah :
1. Tahun 2003 – 2012 : Drs. Budiman Firdaus, M.Pd.
2. Tahun 2012 – 2016 : Suhendang, S.Ag.
3. Tahun 2016 – 2019 : Imam Tarmiji, S.Pd.I,. M.Pd.
4. Tahun 2019 – Sekarang : Oleh Holidin, S.Kom.

Dalam perjalanannya SMA Muhammadiyah Puraseda mencirikan diri dengan sebutan SEKOLAH KADER & BANGSA pada masa kepemimpinan Suhendang, S.Ag. Kemudian pada tahun 2019 Selain memiliki Identitas SEKOLAH KADER & BANGSA, ditambahkan 4 (empat) Budaya kerja SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA yang merupakan harapan dan mimpi serta motivasi pengembangan SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA. 4 (empat) Budaya kerja itu adalah BUDAYA RELIGIUS, BUDAYA CERDAS, BUDAYA KREATIF & BUDAYA MANDIRI.

Pada masa kini SMA Muhammadiyah Puraseda, di masa Kepimpinan Oleh Holidin, S.Kom. mensosialisaikan diri sebagai lembaga/institusi pendidikan dengan identitas sebagai :

Sekolah Kader & Bangsa
SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA
"Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri"

Dengan mengusung 4 budaya tersebut SMAPUR Mememiliki slogan berupa Akronim 4 (empat) budaya :

SMAPUR : I - DREAM -->> Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri

Demikian sejarah singkat dan penjelasan serta perkembangan SMA Muhammadiyah Puraseda yang usianya sudah menginjak 17 tahun ini terus mengembangkan dan menggembirakan dakwah dan mencetak kader-kader persyarikatan sebagai "Pelopor - Pelangsung & Penyempurna" Amal Usaha Muhammadiyah.

Mari kita doakan bersama semoga SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA : Sekolah Kader & Bangsa "Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri" terus berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Aamiin.

Berita Pengumuman Sekilas-info
...

Oleh Holidin, S.Pd.

Assalamu'alaikum.Wr.Wb. Bissmillaahirrohmaanirrohiim. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan karunia-Nya serta segala kebaikan yang telah diberikan…

Selengkapnya

TAUTAN