SMA Muhammadiyah Puraseda

Jalan Raya Puraseda KM 11 Desa Puraseda Kec. Leuwiliang Kab. Bogor 16640

"Religius - Cerdas - Kreatif - Mandiri " (I Dream)

Pawai Kebersihan Sambut Awal Tahun Hijriah

Selasa, 09 Agustus 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 53 Kali

Senin pagi diawali dengan Upacara Bendera Merah Putih di SMA Muhammadiyah Puraseda. Namun, ada yang berbeda dari Senin biasanya, peserta didik tampak lebih bersemangat dengan kostum olahraga. Pasalnya, pada 1 Agustus 2022 ini diadakan Kajian dan Pawai Kebersihan dalam rangka Semarak 1 Muharram 1444 H.

Setelah upacara bendera, siswa siswi berkumpul di Masjid untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah lalu dilanjutkan dengan kajian.

Kajian ini di isi oleh Dedi Ahmadi, S.Ag. sebagai salah satu rangkaian menyambut tahun baru Hijriah. Dalam kajiannya, Dedi Ahmadi menyampaikan beberapa hal :

  1. Muharram adalah bulan yang sangat mulia bahkan menjadi bulan yang sangat dicintai oleh Allah karena Rasulullah SAW menyebut bulan Muharram sebagai syahrullah. Ini berarti bulan Muharram ini adalah bulannya Allah yang tentunya menjadi sangat istimewa bagi umat Islam maka sepatutnya diisi dengan berbagai macam amal shalih. Seperti yang ada pada Surat At-taubah ayat 36 “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya adalah ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat).
  1. Peringatan tahun baru Islam harus dijadikan momentum evaluasi diri dan menegakan kebenaran yang dimulai dari diri sendiri.

Tidak hanya kajian, dalam pelaksanaan semarak 1 Muharram pun peserta didik diminta untuk melakukan gerakan kebersihan selama perjalanan pawai.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Kepala Kesiswaan SMA Muhammadiyah Puraseda, Firman Munandar.

"Iya betul, kami atas nama SMP dan SMA Muhammadiyah Puraseda memiliki kegiatan tahun baru hijriah. Mulai dari upacara bendera, kajian dhuha, dilanjut dengan pawai kebersihan dan diakhiri dengan makan bersama seluruh warga sekolah," paparan Firman.

Firman berharap dengan kegiatan ini bisa lebih mempererat silaturahim antar sesama siswa maupun guru yang ada di SMP dan SMA Muhammadiyah Puraseda.

Di sisi lain, saat ditemui tim redaksi Rekam SMAPUR. Salah satu peserta didik mengungkapkan kegembiraannya dalam kegiatan semarak Tahun Baru Hijriah ini.

"Untuk mengkaji kita sadar dan belajar juga tentang memperdalam agama, terus dengan adanya pawai bisa membuat kita sehat dan kita bisa membersihkan lingkungan sekitarnya yang ada kita lewati," Ucap Zeni Amanda, salah satu peserta didik SMA Muhammadiyah Puraseda.

Selain peserta didik, kepala sekolah dan guru pun ikut memeriahkan. Sekolah sangat menyambut baik kegiatan ini.

"Sekolah harus beradaptasi jika selalu siap dengan momen apapun dan juga keberadaan IPM dan juga ekskul yang lain tentunya diharapkan dapat menjadi pelopor dalam setiap kegiatan baik hari besar Islam maupun hari besar nasional dan setiap kegiatan yang dilakukan dengan kreatif tetapi tetap menyenangkan juga mendidik," Pungkas Oleh Holidin selaku Kepala SMA  Muhammadiyah Puraseda.

 

Kontributor : Rekam SMAPUR

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Oleh Holidin, S.Pd.

Assalamu'alaikum.Wr.Wb. Bissmillaahirrohmaanirrohiim. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, dan karunia-Nya serta segala kebaikan yang telah diberikan…

Selengkapnya

TAUTAN